Tugas dan Fungsi

URAIAN TUGAS DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

DPM-PTSP ( Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ) mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan. DPM-PTSP dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat menyelenggarakan fungsi :

Perumusan kebijakan teknis di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan; Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan;

Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan; Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

TATA KERJA

KEPALA DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP).

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala DPM-PTSP menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis dibidang penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu;
  2. pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah dibidang penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu;
  3. pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu;
  4. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
SEKRETARIS

Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala DPM-PTSP dalam menyusun kebijakan, mengoordinasikan bidang, membina, melaksanakan, dan mengendalikan administrasi kesekretariatan, kepegawaian, perlengkapan, penyusunan program dan keuangan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan rancangan kebijakan DPM-PTSP;
  2. Penyusunan program dan pelaporan, pengelolaan sistem informasi, pemantauan dan evaluasi kegiatan DPM-PTSP;
  3. pengoordinasian pelaksanaan tugas bidang – bidang ;
  4. pengoordinasian penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan satu pintu;
  5. pelaksanaan pembinaan, pengelolaan dan pengendalian administrasi kepegawaian, keuangan dan sarana prasarana;
  6. pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, hubungan masyarakat, dokumentasi dan perpustakaan;
  7. pelaksanaan analisis jabatan dan analisis beban kerja;
  8. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kebijakan teknis DPM-PTSP;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala DPM-PTSP sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
KEPALA SUB BAGIAN UMUM, KEPEGAWAIAN DAN PERLENGKAPAN

Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaiandan Perlengkapan mempunyai tugas melakukan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, dokumentasi, perpustakaan, kehumasan, sarana prasarana, dan kepegawaian. Dalam melakukan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan bahan penyusunan perencanaan kegiatan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, dokumentasi, perpustakaan, kehumasan, dan sarana prasarana;
  2. Pengelolaan administrasi perkantoran rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, dokumentasi, perpustakaan, kehumasan, dan sarana prasarana;
  3. Penyiapan bahan pelaksanaan keprotokolan, dan pengurusan administrasi perjalanan dinas;
  4. Penyiapan bahan usulan kenaikan pangkat, mutasi, promosi, pendidikan dan pelatihan serta kesejahteraan pegawai;
  5. Penyiapan bahan pembinaan administrasi pegawai;
  6. Penyiapan bahan analisa jabatan dan beban kerja;
  7. Penyiapan bahan monitoring dan evaluasi kegiatan umum dan kepegawaian;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
KEPALA SUB BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN

Kepala Sub Bagian Perancanaan dan Keuangan  Programmempunyai tugas melakukan administrasi keuangan dan  penyusunan, rencana program, menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan Dinas, yaitu menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan pembayaran gaji pegawai dan tunjangan lainnya;
  2. Penyiapan bahan penyusunan laporan keuangan dan capaian kinerja keuangan;
  3. Penyiapan bahan monitoring dan evaluasi kegiatan keuangan;
  4. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan DPM-PTSP;pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan peraturan perundang-undangan.penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA)/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), belanja tidak langsung dan belanja langsung ;
  5. Menghimpun data dan menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program;
  6. Penyiapan bahan penyusunan rumusan kebijakan dan pelaporan Dinas ;
  7. Penyusunan perencanaan program ;
  8. Penyiapan bahan penyusunan profil DPM-PTSP;
  9. Penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas bidang – bidang ;
  10. Penyiapan bahan pengoordinasian penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
  11. Penyiapan bahan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), LKPJ, dan LPPD ;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
KEPALA BIDANG PENANAMAN MODAL

Kepala Bidang Penanaman Modal mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menentukan kebijakan dan pengkoordinasian kegiatan penanaman modal di bidang Pengembangan Investasi, dunia usaha, promosi, kemitraan usaha dan  bidang pengendalian penanaman modal. Untuk melaksanakan tugas dimaksud kepala bidang Penanaman Modal menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan dan penyiapan perencanaan investasi, dunia usaha, promosi, kemitraan usaha dan pengendalian penanaman modal;
  2. Pengkoordinasian perencanaan dan pelaksanaan penanaman modal daerah di bidang pengembangan investasi, dunia usaha, promosi, kemitraan usaha dan pengendalian penanaman modal;
  3. Pengkoordinasian perencanaan pelaksanaan kegiatan pengkajian, analisa kebijakasanaan dalam penanaman modal daerah di bidang  pengembangan investasi, dunia usaha, promosi, kemitraan usaha dan pengendalian penanaman modal;
  4. Pengkoordinasian perumusan perencanaan pelaksanaan kegiatan koordinasi kerja sama promosi dan inventarisasi terhadap peluang investasi dan penanaman modal dari lembaga swasta/dunia usaha; 
  5. Pengkoordinasian perencanaan pelaksanaan kegiatan pengendalian kebijakasanaan dalam penanaman modal daerah di bidang  pengembangan investasi, dunia usaha, promosi, kemitraan usaha dan pengendalian penanaman modal;
  6. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas. 
KEPALA SEKSI PENGEMBANGAN INVESTASI DAN DUNIA USAHA

Kepala Seksi Pengembangan Investasi dan Dunia Usaha mempunyai tugas merumuskan, menyusun, mengkoordinasikan, mengkaji dan memutahirkan data dan informasi penanaman modal di bidang pengembangan investasi dan dunia usaha, menyelenggarakan fungsi :

  1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Sub Bidang Pengembangan Investasi dan Dunia Usaha  berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas kepada bawahan lingkungan sub bidang pengembangan investasi dan Dunia usaha sesuai dengan tugasnya baik secara lisan maupun secara tertulis agar tugas  segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan sub bidang pengembangan investasi dan Dunia usaha   baik secara lisan maupun secara tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan sub bidang pengembangan investasi dan Dunia usaha dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub bidang pengembangan investasi dan Dunia usaha berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Melakukan Monitoring dan pemantauan kegiatan pelaksanaan program penanaman modal di bidang investasi;
  7. Melakukan evaluasi dan penyusunan laporan hasil Monitoring dan pemantauan program penanaman modal di daerah;
  8. Melaporkan pelaksanaan kegiatan lingkungan Sub Bidang Pengembangan Investasi Dan Dunia Usaha baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil kerja yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  9. Melaksankan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanaman Modal secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Penanaman Modal.
KEPALA SEKSI BIDANG PROMOSI DAN KEMITRAAN USAHA

Kepala Seksi Bidang Promosi dan Kemitraan Usaha mempunyai tugas merumuskan, menyusun, mengkaji, mengkoordinasikan dan melaksanakan perencanaan penanaman modal di bidang promosi dan kemitraan usaha;  menyelenggarakan fungsi :

  1. Merumuskan dan menyusun program penanaman modal Bidang Promosi dan Kemitraan Usaha sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. Membagi tugas kepada bawahan lingkungan sub bidang promosi dan kemitraan usaha sesuai dengan tugasnya baik secara lisan maupun secara tertulis agar tugas  segera diproses lebih lanjut;
  3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan sub bidang promosi dan kemitraan usaha   baik secara lisan maupun secara tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan sub bidang promosi dan kemitraan usaha dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub bidang promosi dan kemitraan usaha berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. Mengkaji, merumuskan dan menyusun kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan penanaman modal yang menjadi kewenangan kabupaten yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  7. Melaksanakan sosialisasi  atas kebijakan dan perencanaan pengembangan kerja sama ;uar negeri, promosi, pemberian pelayanan perijinan dan sistem informasi penanaman modal skala kabupaten kepada aparatur pemerintah dan dunia usaha;
  8. Melaksanakan pembinaan, Monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  9. Melaporkan pelaksanaan kegiatan sub bidang promosi dan kemitraan usaha baik secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
  10. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  11. Menilai prestasi kerja para bawahan;
  12. Melaksankan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanaman Modal secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Bidang Penanaman Modal.
KEPALA SEKSI PENGENDALIAN PENAMANAN MODAL

Kepala Seksi Pengendalian Penanaman Modal mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan kegiatan pengendalian penanaman modal. Dalam melakukan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Sub Bidang Pengendalian Penanaman Modal menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyusunan kebijakan teknis dan strategis pelaksanaan kegiatan Pengendalian Penanaman Modal ;
  2. Fasilitasi penyelesaian permasalahan Penanaman Modal;
  3. Pelaksanaan bimbingan, pembinaan kepada Penanam Modal;
  4. Penyusunan analisa Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM);
  5. Penyusunan laporan realisasi Penanaman Modal secara periodik;
  6. Pelaksanaan identifikasi dan inventasi Penanam Modal yang mengalami hambatan;
  7. Penyiapan bahan dan pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Pengendalian Penanaman Modal;
  8. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  9. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub bidang Pengendalian Penanaman Modal berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penanaman Modal sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
KEPALA BIDANG PELAYANAN PERIZINAN

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan mempunyai tugas melaksanakan urusan bidang pelayanan perizinan usaha dan non perizinan usaha. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan kebijakan Pelayanan Perizinan;
  2. Penyusunan perencanaan program Pelayanan Perizinan;
  3. Penyelenggaraan pelayanan perizinan;
  4. Penyelenggaraan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan dan kebijakan guna pengembangan kinerja;
  5. Penyelenggaraan upaya peningkatan kualitas pelayanan perizinan;
  6. Penetapan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD);
  7. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Pelayanan Perizinan;
  8. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  9. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Bidang Pelayanan Perizinan usaha berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  10. Melaksankantugas lain yang diberikan oleh Kepala DPM-PTSP sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
KEPALA SEKSI PELAYANAN DAN INFORMASI

Kepala Seksi Pelayanan dan Informasi mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan program dan rencana urusan pelayanan, kegiatan, menerima,  meneliti persyaratan permohonan perizinan dan sistem informasi. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pelayanan dan Informasi menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan penyusunan  rencana program dan kegiatan pelayanan perizinan dan informasi;
  2. Mengelola sistem informasi, dan pengaduan masyarakat terkait dengan pelayanan perizinan dan penanaman modal;
  3. Menyelenggarakan, mengkoordinir  kegiatan pelayanan perizinan;
  4. Menginventarisasi data izin berdasarkan sektor perekonomian pembangunan, sektor sosial kemasyarakatan, sektor pemerintah dan pengaduan ;
  5. Menerima dan mengendalikan surat-surat permohonan perizinan,Mengolah dan menverifikasi data perizinan sebagai bahan pengusulan program rencana kegiatan perizinan ;
  6. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  7. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub bidang Pelayanan dan Informasi berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
KEPALA SEKSI PELAPORAN DAN PEMERIKSAAN

Kepala Seksi Pelaporan dan Pemeriksaan mempunyai tugasmerencanakan, memeriksa, memverifikasi, mengkoordinir pelaksanaan pelayanan perizinan dan   mengolah data perizinan sesuai ketentuan berlaku.Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pelaporan dan Pemeriksaan menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan rencana program dan kegiatan bidang perizinan seksi pelaporan dan pemeriksaan;
  2. Penyiapan rencana pemeriksaan dokumen dan  legalitas data permohonan perizinan sesuai ketentuan yg berlaku;
  3. Penyiapan rencana dan kegiatan terselenggaranya koordinasi dengan tenaga teknis dalam verifikasi kesesuaian dokumen perizinan dengan legalitaskeabsahan data perizinan;
  4. Penyiapan rencana Monitoring, pengawasan dan evaluasi perizinan.
  5. Mendistribusikan tugas kepada bawahan.
  6. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  7. Menyampaikan laporan secara lisan dan tertulis kepada atasan hasil kegiatan;
  8. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub bidang Pemeriksaan dan Pelaporan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
KEPALA SEKSI PENETAPAN PERIZINAN

Kepala Seksi Penetapan Perizinan, mempunyai tugasmerencanakan, memproses, mengkoordinir proses penetapan pelayanan perizinan. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Penetapan Perizinanmenyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan bahan rencana program dan kegiatan bidang perizinan seksi penetapan perizinan;
  2. Penyiapan rencana draft naskah peraturan kesesuaian dengan masa tenggang dan kebutuhan kondisi dinas terhadap kebutuhan pelayanan dalam waktu segera. 
  3. Mengkoordinirdan mengolah surat, dokumenpenghitungan dan penetapan legalitas perizinan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Memonitoring dan evaluasi legalitas perizinan bersamaan dengan tim teknis ke masyarakat dan instansi sesuai ketentuan berlaku
  5. Menyusun laporan, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan proses persyaratan perizinan bersama tim teknis sesuai ketentuan yang berlaku
  6. Mendistribusikan dan membagi  tugas kepada bawahan.
  7. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  8. Menyampaikan laporan secara lisan dan tertulis kepada atasan hasil kegiatan;
  9. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan sub Penetapan Perizinan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kabupaten Barito Timur,

Ir. BARNUSA, MM
Pembina TK.I (IV/b)
NIP. 19631114 199403 1 002

Pusat Layanan Informasi

Helpdesk
Senin - jumat
Jam 08.30 - 15.00 WIB
WA : 0822-5544-7070

Main Office

DPM-PTSP Kabupaten Barito Timur

Jln. A. Yani No. 10 RT. 02 Tamiang Layang
Kabupaten Barito Timur 73611